• Sunday, October 14, 2018

    Belajar HTML untuk pemula

    Selamat datang sobat di LepiDot.com setelah kemarin hanya membahas tentang review smartphone kali ini akan membahas lebih beda yaitu belajar tentang HTML, apa itu HTML mari kita lihat pembahasan berikut ini.

    Apa Itu HTML ?


    Hypertext Markup Language atau biasa di sebut HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

    Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :
    1. Membuat halaman web.
    2. Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
    3. Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).
    Sebelum mebahas html lebih jauh sedikit ulasan perkembangan html


    Perkembangan HTML

    Didalam HTML telah mengalami berbagai perkembangan dari tiap-tiap versinya. Berikut adalah versi-versi dari perkembangan HTML tersebut:Html versi 1.0


    Html versi 1.0

    HTML Versi 1.0 merupakan pionir yang di dalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan hingga wajar jika tampilan yang dihasilkan sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping).

    Html versi 2.0

    Pada HTML Versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya web interaktif.

    Html versi 3.0

    Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti FIGURE yang merupakan perkembangan dari IMAGE untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML ini juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya. Versi ini yang disebut HTML+- tidak bertahan lama dan segera digantikan dengan versi 3.2.

    Html versi 3.2

    HTML versi ini merupakan HTML yang sering digunakan. Di dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan teks di sekeliling gambar, gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML versi ini Kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML kita tersebut, seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

    Html versi 4

    HTML ini memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya yaitu HTML 3.2. Perubahan ini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form dan lain-lain.

    Html versi 4.01

    HTML versi 4.01 merupakan revisi dari HTML 4.0. Versi terbaru ini memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil (minor errors) pada versi terdahulunya. HTML 4.01 ini juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

    Html versi 5

    Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, tetapi pada tanggal 4 Maret 2010 terdapat sebuah informasi bahwa W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0 telah mengmbangkan versi HTML terbaru, yaitu versi 5.0.
    HTML 5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan JavaScript.

     Perlu diperhatikan, HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. HTML merupakan bahasa markup yang berisi perintah-perintah dengan format tertentu yang terstruktur untuk menampilkan tampilan tertentu.

    Untuk menulis kode HTML kita bisa menggunakan software code editor seperti Notepad, Notepad++, Sublime Text, Atom, atau yang lainnya. Dan agar kode kita mampu dibaca oleh browser dengan baik kita harus menyimpannya dalam format HTML yaitu .htm atau .html.

    Berikut ini contoh sederhana penulisan kode HTML:
    Untuk memulai menulis kode HTML maka kita harus memulainya dengan kode <html> dan ditutup dengan </html>. Adapun mengenai kode <!DOCTYPE HTML> itu berfungsi sebagai pengenal HTML5.

    Kode-kode yang ada di antara <head> dan </head> berfungsi untuk memberikan informasi tambahan kepada browser, untuk contoh di atas misalnya ada <title> yang artinya memberikan informasi ke browser bahwa halaman web yang dibuat ini memiliki judul Selamat Datang HTML.
    Apa yang ingin kita tampilkan pada browser terletak di antara kode <body> dan </body>. Itulah inti dari kode. Disitulah kode-kode yang akan menyusun halaman web ditulis.

    ada dua hal lainnya terkait HTML yang harus dipahami untuk memulai belajar HTML, yaitu TAG dan Atribut.

    TAG ?

    Tag sederhananya adalah kode-kode tertentu yang menjadi pengenal bahwa kode tersebut adalah HTML dan bisa diterjemahkan oleh browser dengan tampilan tertentu. Misalnya tadi, untuk membuat sebuah tulisan tebal, maka kita bisa menggunakan TAG STRONG, atau TAG B. Untuk membuat paragraf kita bisa menggunakan TAG P. Dan masih banyak TAG HTML lainnya, tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda.  Tag <i> memberikan perintah kepada browser untuk menampilkan text secara garis miring (i, singkatan dari italic), dan tag <b> untuk menebalkan tulisan (b, singkatan dari bold).

     Pengertian Element dalam HTML


    Element adalah isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup, termasuk tag itu sendiri dan atribut yang dimilikinya (jika ada). Sebagai contoh perhatikan kode HTML berikut:
    <p> Ini adalah sebuah paragraf </p>
    Pada contoh diatas, “<p>Ini adalah sebuah paragraf</p>” merupakan element p.
    Element tidak hanya berisi text, namun juga bisa tag lain.
    Contoh:
    <p> Ini adalah sebuah <em>paragraf</em> </p>
    Dari contoh diatas,<p> Ini adalah sebuah <em>paragraf </em> </p> merupakan elemen p. Dalam pembahasan atau tutorial tentang HTML, tidak jarang istilah “tag” dan “element” saling dipertukarkan.

    ATRIBUT ?

    Atribut adalah karakteristik tambahan pada suatu TAG. untuk membuat paragraf kita bisa menggunakan TAG P. Secara default paragraf yang akan ditampilkan oleh TAG P adalah rata kiri. Tapi jika kita ingin membuatnya rata tengah, kita bisa menambahkan atribut ALIGN dengan value CENTER  ke dalam TAG P tersebut.

     Setiap TAG memiliki atributnya masing-masing tergantung bagaimana sifat dari TAG tersebut.
    Dan sama seperti halnya dengan TAG, kita juga bebas menggunakan huruf kecil atau kapital dalam menuliskan atribut di dalam HTML. HTML memiliki banyak atribut yang beberapa diantaranya hanya cocok untuk tag tertentu saja. Sebagai contoh, atribut “href” diatas hanya digunakan untuk tag <a> saja (dan beberapa tag lain).


    Selanjutnya cara menjalankan file HTML

    Untuk memudahkan dalam mengakses file, sebaiknya buat sebuah folder “BelajarHTML” di Drive D. Folder ini akan kita jadikan tempat seluruh halaman HTML yang akan dibuat.

    Selanjutnya, buka aplikasi Notepad++ , atau aplikasi text editor lainnya, lalu ketik text berikut ini:
    Selamat Pagi Dunia, Hello World!
    Save teks diatas sebagai hello.html pada folder BelajarHTML. Setelah itu jalankan file hello.html kita dengan cara double klik file tersebut, atau klik kanan –> Open With –> Firefox (jika anda menggunakan web browser firefox)




    Dari percobaan ini kita dapat melihat bahwa setiap halaman HTML harus diakhiri dengan ekstensi .html. Anda mungkin juga akan menemukan beberapa halaman juga memiliki ekstensi .htm, ekstensi ini digunakan untuk mendukung Windows versi lama yang masih menggunakan ekstensi 3 huruf di belakang sebuah file.

     Cara Membuat Struktur Dasar HTML

    Setiap halaman HTML setidaknya memiliki struktur dasar yang terdiri dari : Tag DTD atau DOCTYPE, tag html, tag  head, dan tag body. Inilah yang merupakan struktur paling dasar dari HTML, walaupun HTML tidak hanya berisi struktur tersebut.

    Pengertian DTD atau DOCTYPE
    Tag paling awal dari contoh HTML diatas adalah DTD atau DOCTYPE. DTD adalah singkatan dari Document Type Declaration. Yang berfungsi untuk memberi tahu kepada web browser bahwa dokumen yang akan diproses adalah HTML.

    Tag <html>
    Setelah DTD, tag berikutnya adalah tag <html>.

    Ini adalah tag pembuka dari keseluruhan halaman web. Semua kode HTML harus berada di dalam tag ini. Tag html dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>

    Tag <head>
    Elemen pada tag <head> umumnya akan berisi berbagai definisi halaman, seperti kode CSS, JavaScript, dan kode-kode lainnya yang tidak tampil di browser.

    Tag <title> dalam contoh kita sebelumnya digunakan untuk menampilkan title dari sebuah halaman web.

    Tag <body>
    Tag <body> akan berisi semua elemen yang akan tampil dalam halaman web, seperti paragraf, tabel, link, gambar, dll. Tag body ini ditutup dengan </body>. Sebagian besar waktu kita dalam merancang web akan dihabiskan di dalam tag <body> ini.

    Cara Membuat Paragraf di HTML (tag p)

    Tag Paragraf (<p>)
    HTML menyediakan tag khusus untuk membuat paragraf. Penulisannya menggunakan huruf p, sebagai berikut : <p>. Mari kita revisi contoh kode HTML sebelumnya, dan menambahkan tag <p>.

    Tag Break (<br>)
    Cara lain untuk memisahkan kedua paragraf adalah dengan menggunakan tag <br> (br singkatan dari break).

    Tag untuk penebalan dan garis miring (<em> dan <strong>)
    Tag emphasis (penekanan) terdiri dari 2 tag, <em> untuk emphasis, dan <strong> untuk strong emphasis.

    Pada umumnya web browser akan menampilkan <em> sebagai garis miring, dan <strong> dengan penebalan huruf.

     Cara Membuat Judul (heading) di HTML

    HTML menyediakan tag khusus untuk membuat judul atau di dalam HTML lebih di kenal dengan istilah: heading. Heading dirancang terpisah dari paragraf. Tag Heading biasanya digunakan untuk judul dari paragraf, atau bagian dari text yang merupakan judul.

    Tag heading di dalam HTML terdiri dari 6 tingkatan, yaitu <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5>, dan <h6>. Tag heading secara default akan ditampilkan oleh web browser dengan huruf tebal (bold). Tampilan dari tag header juga dibuat bertingkat. Tag header <h1> memiliki ukuran huruf paling besar, sedangkan <h6> terkecil.

    <!DOCTYPE html>
    <html>
    <head>
      <title>penggunaan tag heading</title>
    </head>
    <body>
      <h1>ini adalah judul dengan h1 </h1>
      <h2>ini adalah judul dengan h2 </h2>
      <h3>ini adalah judul dengan h3 </h3>
      <h4>ini adalah judul dengan h4 </h4>
      <h5>ini adalah judul dengan h5 </h5>
      <h6>ini adalah judul dengan h6 </h6>
    </body>
    </html>


    Biasanya dalam sebuah halaman akan ada hanya 1 tag <h1>, dan beberapa tag <h2> dan <h3> dengan beberapa tag <p>.

     Cara Membuat Daftar/List di HTML (tag ol, ul dan li)

    Dalam HTML, tag list terdiri dari 2 jenis, ordered list (berurutan) dan unordered list (tidak berurutan). Ordered list akan ditampilkan dengan angka atau huruf, sedangkan unordered list dengan bulatan atau kotak.

    Ordered list menggunakan tag <ol>, dan unordered list menggunakan tag <ul>, sedangkan untuk list sendiri menggunakan tag <li>.
    Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat ordered list menggunakan tag<ol>:

    <!DOCTYPE html>
    <html>
    <head>
      <title>penggunaan tag list </title>
    </head>
    <body>
      <h1>daftar belanjaan</h1>
      <ol>
      <li>minyak goreng</li>
        <li>sabun mandi</li>
        <li>deterjen</li>
        <li>shampoo</li>
        <li>obat nyamuk</li>
      </ol>
    </body>
    </html>
    (GAMBAR HASIL)
    Untuk membuat unordered list, tinggal ganti tag <ol> menjadi <ul>.

     Cara Membuat link di HTML (tag a)

    Tujuan kata Hypertext dari HTML adalah membuat sebuah text yang ketika di-klik akan pindah ke halaman lainnya. HTML  menggunakan tag <a>untuk keperluan ini.

    Link ditulis dengan <a> yang merupakan singkatan cari anchor (jangkar). Setiap tag <a> setidaknya memiliki sebuah atribut href. Dimana href berisi alamat yang dituju (href adalah singkatan dari hypertext reference).
    Alamat Absolute dan Alamat Relatif
    Pada contoh diatas kita menuliskan alamat link secara lengkap dengan bagian “http://www.”. Penulisan seperti ini disebut juga dengan external link, yang berarti kita membuat link ke alamat lain di internet, atau lebih dikenal dengan: alamat absolut.

    Alamat absolut adalah penulisan alamat file dengan menyertakan nama website, seperti: href=”https://www.duniailkom.com/belajar_html.html”, atau href=”http://www.wikipedia.org”.

    Namun jika kita ingin membuat link di dalam situs yang sama, maka tidak perlu menyebutkan alamat lengkap tersebut. Tetapi cukup mencantumkan alamat file yang dituju relatif kepada file saat ini. Jenis alamat ini disebut alamat relatif
    Sebagai contoh alamat relatif, apabila kita ingin membuat link kepada file hello.html pada folder yang sama  dengan file saat ini, maka atribut hrefnya, berisi: href=”hello.html”.
    Alamat absolute ditulis dengan lengkap, seperti https://www.duniailkom.com, atau jika kita merujuk kepada halaman tertentu
    Alamat relatif maksudnya adalah relatif kepada file tempat kita memanggil link ini. Seandainya nama file kita adalah belajar_link.html, dan dalam folder yang sama terdapat halaman belajar_list.html, kita dapat menggunakan href=”belajar_list.html” untuk membuat link ke halaman belajar_list.html .

     Atribut tag <a>: target

    Atribut penting lainnya dari tag <a> adalah target. Atribut ini digunakan untuk menentukan apakah link yang dituju terbuka di jendela browser saat ini, atau terbuka di jendela baru.

    Secara default, setiap link yang kita tulis akan terbuka pada jendela yang sama (menimpa halaman web saat ini). Tetapi apabila kita ingin halaman tersebut terbuka pada tab baru, gunakan atribut target=”_blank”.



    Mungkin itu dulu pembahasan Belajar HTML untuk pemula semoga artikel ini bermanfaat. TerimaKasih.


    No comments:

    Post a Comment