• Wednesday, January 31, 2018

    Cara belajar Bahasa Pemrograman Java dari nol untuk pemula


    BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN


    Sebelum kita membuat program sederhana menggunakan bahasa Java kita harus tau pengertian Java ?
     Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program Java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kita akan membuat program pertama yaitu menampilkan "HELLO WORLD"
    tak usah berlama-lama lagi mari kita praktekin.
    1. Kita harus membuat folder sesuka sobat 
    2. Disini Mas Mul menggunakan JCreatorV4LE bisa sobat download di Google
    3. Kita membuat kelas dengan cara klik FILE , NEW , BLANK WORKSPACE, setelah itu sobat ubah Location yang sudah sobat buat tadi lalu buat Name, Name bebas sesuka sobat, kalau sudah klik finish , apabila tidak muncul workspace klik VIEW, FILE VIEW 
    4. Klik kanan workspace yang sudah dibuat tadi lalu klik ADD NEW PROJECT, pada jendela Project Wizard pilih EMPETY PROJECT kemudian NEXT setelah itu NAME PROJECT sesuka sobat namanya setelah itu klik FINISH tunggu sampe proses selesai klik FINISH lagi.
    5. Setelah itu pilih Project yang sudah di buat tadi dengan klik kanan nama project lalu ADD dan pilih NEW FILE , pada jendela ini kita membuat nama kelas yang akan kita buat setelah itu finish, dalam membuat nama kelas ada beberapa aturan pertama tidak dibolehkan menggunakan spasi atau simbol apapun kecuali simbol _ (Underscore) apabila nama kelas lebih dari dua suku kata kita mengguakan simbol Underscore atau dengan menggunakan huruf besar di awal kata contoh (ProgramPertama) atau (Program_Pertama) tanpa tanda kurung ,kedua dalam penulisan kelas di awal nama tidak boleh menggunakan angka contoh (1_java atau 1Java) itu tidak dibolehkan semua nama kelas harus diawali huruf seperti yang sudah Mas Mul contohkan di dibawah ini.
     Setelah kita sudah paham dasar membuat prgram langsung saja kita buat program sederhana Java


    public class Java_1
    {
        public static void main (String args [])
        {
            System.out.println ("HELLO WORLD");
        }
    }


    Sangat mudah dan sederhana bukan, itulah program pertama yang bisa sobat coba 
    Jangan lupa coment dan bagikan sobat, Salam Mas Mul





    No comments:

    Post a Comment